Resmi Diputuskan! Pemerintah Resmi Cabut Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri

Pemerintah telah mengambil keputusan untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor, yang kemudian diganti dengan Permendag No. 3/2024.

Keputusan tersebut dihasilkan dari rapat koordinasi terbatas (Rakortas) yang diadakan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Kemendag, BP2MI, Kemenperin, dan Ditjen Bea Cukai Kemenkeu pada Selasa, 16 April 2024. Dengan pencabutan aturan ini, tidak ada lagi pembatasan terhadap barang bawaan dari luar negeri ke Indonesia.

Benny Rhamdani, Kepala BP2MI, menjelaskan bahwa untuk pembatasan PMI hanya terkait dengan relaksasi pengenaan bea masuk dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) senilai US$ 1.500 per tahun. Hal ini berarti bahwa PMI tidak lagi dibatasi dalam jumlah atau jenis barang yang dibawa, asalkan nilainya tidak melebihi US$ 1.500 per tahun.

Selain itu, dalam rapat koordinasi terbats (Rakortas) terkait pembatasan barang kiriman para Pekerja Migran Indonesia/Tenaga Kerja Indonesia (PMI/TKI), telah menghasilkan empat keputusan. Adapun hasil keputusan dari Rakortas antara lain:

  1. Terkait dengan barang kiriman PMI, disepakati sejumlah aturan sebagi berikut:
    1. Barang Kiriman PMI adalah “barang milik PMI yang dikirim oleh PMI yang sedang bekerja di luar negeri dan tidak untuk diperdagangkan”, sehingga tidak perlu diatur dalam Permendag tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor (Permendag 36/2023 jo. 3/2024)
    2. Pengaturan impor Barang Kiriman PMI mendasarkan pada ketentuan Permenkeu 141/ 2023 tentang Ketentuan Impor Barang PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang pelaksanaannya dilakukan oleh Bea Cukai (DJBC)
    3. Pemerintah akan segera melakukan revisi/ perubahan Permendag 36/2023 jo. 3/2024, khususnya dengan mengeluarkan dari Permendag: Lampiran III “Impor Barang Kiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI)” yang mengatur mengenai Jenis/ Kelompok Barang dan Batasan Jumlah Barang setiap Pengiriman Barang
    4. Pengaturan batasan Barang Kiriman PMI dilakukan sesuai PMK 141/2023:
    5. PMI dapat melakukan pengiriman barang milik PMI yang dikirim oleh PMI yang sedang bekerja di luar negeri dan tidak untuk diperdagangkan
    6. Ketentuan pembatasan jenis dan jumlah barang tidak diberlakukan, namun ada pembatasan nilai barang yang mendapatkan Pembebasan Bea Masuk, Tidak Dipungut PPN, PPnBm dan PPh Pasal 22 Impor
    7. Barang Kiriman PMI diberikan Pembebasan Bea Masuk dengan nilai pabean sebanyak USD 500 setiap pengiriman, paling banyak 3 kali pengiriman per tahun untuk PMI yang tercatat*(paling banyak USD 1,500 per tahun)
    8. Apabila terdapat kelebihan dari nilai barang dimaksud (lebih dari USD 500 atau lebih dari USD 1,500 untuk PMI tercatat*), maka atas kelebihan nilai tersebut akan diperlakukan sebagai Barang Kiriman biasa (Non-PMI) dan dikenakan Bea Masuk sebesar 7,5% (sesuai PMK 141/2023)
    9. Pemenuhan ketentuan larangan pembatasan diberlakukan dengan mengacu ketentuan Barang Dilarang Impor dan K3L.
  2. Selain barang kiriman PMI, disepakati pula terkait pengaturan atas barang Pribaedi bawaan penumpang yang akan dikeluarkan dari pengaturan pada Permendag No. 36/2023, dan sepenuhnya diatur dalam PMK.
  3. Terkait dengan penerbitan Pertimbangan Teknis (Pertek) atas beberapa komoditas disepakati untuk diberikan penundaan mempertimbangkan kesiapan regulasi dan sistem terkait, dan disepakati untuk mengembalikan ketentuan Permendag No. 36/2023 jo. No. 03/2024 ke semangat kemudahan impor sesuai ketentuan Permendag N0. 20/2021 jo. No. 25/2022
  4. Akan diatur penerapan masa trnasisi perubahan Permendag No. 36/2023 jo. No. 03/2024 sehingga tidak menimbulkan kendala dan permasalahan dalam implementasi di lapangan.

 

Referensi:

Damayanti, A. (2024). 4 Hasil Rapat soal Pembatasan Barang dari Luar Negeri, Termasuk Kiriman TKI. Kemeterian Perdagangan RI. https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/4-hasil-rapat-soal-pembatasan-barang-dari-luar-negeri-termasuk-kiriman-tki

Rachman, A. (2024). Tok! Pemerintah Jokowi Cabut Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20240416153405-4-530735/tok-pemerintahan-jokowi-cabut-aturan-barang-bawaan-dari-luar-negeri

Link Download

Link Download Susunan Acara dan Materi Seminar

Bagi Anda yang sudah mendaftar untuk menjadi peserta dan sudah membayar, silahkan download link berikut dengan memasukkan pasword download terlebih dahulu. Pasword download silahkan ditanyakan kepada staff bagian pendaftaran. Terima Kasih.

[sdm_download id="212" fancy="0"]