Pemberian Insentif PPN DTP Rumah Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

Insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) merupakan suatu kebijakan pemerintah dalam rangka memberikan bantuan pembelian rumah setapak dan rumah susun. Kebijakan ini dikeluarkan pada tanggal 21 November 2023 melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 120/2023.

Adapun tujuan dari kebijakan ini adalah untuk meringankan beban pembelian rumah sebagai bentuk respon bantuan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional serta meningkatkan daya beli properti masyarakat. Pemerintah berharap melalui perpanjangan insentif ini akan meningkatkan aktivitas transaksi properti yang berdampak positif terhadap aktivitas ekonomi terkait lainnya. Oleh karena itu, melalui PMK No. 7/2024 yang berlaku mulai tanggal 13 Februari 2024, pemerintah resmi memperpanjang insentif PPN DTP atas penyerahan rumah setapak dan satuan rumah susun dengan harga jual paling banyak Rp5 miliar hingga akhir tahun 2024.

Berdasarkan Pasal 4 PMK No. 7/2024, terdapat persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh insentif PPN DTP, di antaranya:

  1. Merupakan rumah tapak atau satuan rumah susun baru dalam kondisi siap huni yang sudah mendapatkan kode identitas rumah, serta memiliki harga jual maksimal Rp5 miliar.
  2. Merupakan PPN terutang periode November s.d. Desember 2023, sepanjang penyerahan fisik rumah, yang nantinya akan dibuktikan dengan Berita Acara Serah Terima (BAST) paling lambat tanggal 31 Desember 2023.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Dwi Astuti, menegaskan bahwa pemberian insentif PPN DTP dapat dimanfaatkan atas penyerahan dengan skema cicilan sepanjang tidak ada uang muka atau cicilan yang dibayar sebelum tanggal 1 September 2023. Pemberian PPN DTP ini terbagi atas dua periode dengan ketentuan persentase sebagai berikut:

  1. Penyerahan rumah periode 1 Januari 2024 – 30 Juni 2024, PPN ditanggung pemerintah sebesar 100% dari Dasar Pengenaan Pajak (DPP)
  2. Penyerahan rumah periode 1 Juli 2024 – 31 Desember 2024, PPN ditanggung pemerintah sebesar 50%.

Perlu diketahui bahwa hunian dengan harga maksimal Rp5 miliar ini dapat memperoleh insentif PPN DTP paling banyak sampai dengan Rp2 miliar. Selain itu, kebijakan ini hanya dapat dimanfaatkan satu kali oleh Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) yang memiliki NPWP sepanjang memenuhi ketentuan peraturan mengenai kepemilikan rumah tapak atau satuan rumah susun bagi WNA. Lebih lanjut, WNA yang dapat memiliki rumah tempat tinggal atau hunian merupakan orang asing yang mempunyai dokumen kemigrasian sesuai dengan Pasal 69 ayat 1 PP 18/2021, antara lain visa, paspor, dan izin tinggal yang dikeluarkan oleh instansi berwenang sesuai dengan ketentuan kemigrasian.

Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan bantuan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan memberikan Bantuan Biaya Administrasi (BBA) selama 14 bulan, terhitung dari November 2023 s.d. Desmeber 2024 sebesar Rp4 juta per rumah. Pemerintah turut memberikan bantuan Rumah Sederhana Terpadu (RST) sebesar Rp20 juta kepada masyarakat miskin dengan tujuan untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas rumah layak huni.

 

Referensi:

Heriani, F. (2024). Pemerintah Resmi Perpanjang PPN DTP Rumah. Hukum Online. https://www.hukumonline.com/berita/a/pemerintah-resmi-perpanjang-ppn-dtp-rumah-lt65da2111665ac/?page=all

Jayanti, D. (2023). WNA Bisa Beli Rumah Hunian dengan Harga Minimal Berikut Ini. Hukum Online. https://www.hukumonline.com/klinik/a/wna-bisa-beli-rumah-hunian-dengan-harga-minimal-berikut-ini-lt5715b58ae2a3a/

Menteri Keuangan RI. (2024). Peraturan Menteri Keuangan Nomor 7 Tahun 2024. 1–19.

Pangestu, I. (2024). Apa Itu Insentif PPN DTP Beli Rumah? Skema dan Manfaatnya. Detikproperti. https://www.detik.com/properti/berita/d-7236261/apa-itu-insentif-ppn-dtp-beli-rumah-skema-dan-manfaatnya

Link Download

Link Download Susunan Acara dan Materi Seminar

Bagi Anda yang sudah mendaftar untuk menjadi peserta dan sudah membayar, silahkan download link berikut dengan memasukkan pasword download terlebih dahulu. Pasword download silahkan ditanyakan kepada staff bagian pendaftaran. Terima Kasih.

[sdm_download id="212" fancy="0"]